Breaking News
Loading...
Monday 29 February 2016

Anehnya Tahun Kabisat (LEAP YEARS)


Selamat datang kembali ke blog saya,
                 Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang sesuatu yang agak aneh yang saya alami tadi pagi. Pagi tadi ketika baru bangun, saya lihat tanggal di jam tangan (mungkin ini juga kebiasaan pembaca, baru bangun langsung lihat jam,,hee hee) ternyata hari ini tanggal "1 Maret 2016", tetapi alangkah terkejutnya saya karna baru ingat hari ini bukan tanggal 1 maret 2016 tetapi tanggal "29 februari 2016". 

              Mungkin dalam hati kita bertanya, lo kok bisa???, yupppzzzz saya baru ingat bahwa tahun 2016 ini merupakan tahun yang sangat "istimewa",, apakah itu?????? kenapa bisa pada bulan ini tertanggal 29 Februari, sedangkan tahun 2015 kemarin tidak pernah ada tgl 29 di kalender. 

Apakah kalian tidak percaya hari ini tanggal 29 Februari ???? baiklah, mari kita perhatikan beberapa hal berikut: 
                 Pertama perhatikan kalender kalianggaan di rumah, coba cek tanggalan untuk bulan Februari 2016 (sudah di perhatikan?????,,,). disana pasti tertera Senin, 29 Februari 2016.
 Kelender Bulan Februari Tahun 2016 (Sumber: Google image)

                   Kedua, jika kalian lagi online (terhubung dengan karingan internet), cobalah ketik google di adreesbar browser (mozilla firefox, google chrome,opera,IE) kalian. Jika kalian perhatikan baik-baik pada homepage mesin pencari "GOOGLE" juga tertera caption peringatan "Tahun Kabisat",seperti pada gambar di bawah ini.

Caption Google 29 Februari 2016 (Sumber: Google image)
Sudah ketemu??// ...yupzzz !!!!...hari ini bertepatan sekali dengan peringatan "Tahun Kabisat".

                  Tahun Kabisat adalah tahun tahun yang mengalami penambahan satu hari dengan tujuan untuk menyesuaikan penanggalan dengan tahun astronomi. Dalam satu tahun tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik). Jadi kalian sudah tahu, kenapa tahun ini pada bulan februarinya berakhir pada tanggal 29 bukan 28???

Jika kita perhatikan tentunya kita menemukan beberapa hal berikut:

  1. Tahun Kabisat hanya muncul 4 tahun sekali
  2. Perbedaaan dengan tahun masehi adalah pada tahun kabisat, pada bulan Februarinya bertambah 1 hari, sehingga tanggalnya berjumlah 29 hari.
                  Sekarang yang menjadi permasalahan adalah jika ada dari pembaca ataukah hari ini ada seorang bayi yang lahir pada tanggal "29 Februari", maka pembaca ataukah bayi tersebut nantinya akan merayakan ulang tahunnya (happy birthday) tentunya 4 tahun sekali. KOK BISA???
Bagaimana dengan tahun-tahun lainnya yang bukan merupakan tahun kabisat?? Apakah berarti orang-orang yang lahir pada tanggal ini merupakan orang yang awet muda, karena ulang tahunnya berganti 4 tahun sekali????, berarti orang tersebut umurhanya hanya bertambah 1 tahun tiap 4 tahun sekali (jika diingat umur seseorang bertambah ketika sudah merayakan ulang tahunnya bertepatan dengan tanggal kelahirannya tiap tahun). Bagaimana??? istimewa bukan?????

Bagaimana menurut pembaca??????, mari kita diskusikan hal ini dengan memberikan komentar di bawah postingan ini!

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top