Breaking News
Loading...
Friday 4 March 2016

Alasan Indonesia Rawan Gempa

|| Alasan Mengapa Sering Terjadi Gempa di Indonesia  ||

Peta Indonesia
Belakangan ini masyarakat Indonesia dikejutkan dengan peristiwa gempa yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Rabu,2/3/2016) dengan kekuatan gempa mencapai 7,8 skala richter dan berpotensi Tsunami. Jika kita ingat-ingat lagi ke belakang, bahwa di Aceh (NAD) pada tahun 2012  juga pernah terjadi gempa bumi dengan kekuatan yang sangat besar hingga 8,5 Skala Richter dan pada saat itu juga terjadi Tsunami yang meluluh lantakkan beberapa daerah di Aceh. Peristiwa tersebut kita kenal sampai sekarang dengan Peristiwa Gempa Aceh yang masih membekas dirasakan oleh seluruh masyarakat Aceh sampai sekarang. 
         Di luar peristiwa gempa Aceh dan Mentawai, kadang-kadang sampai sekarang kita selalau merasakan adanya gempa-gempa kecil di sekitar kita. Yang menjadi permasalah adalah, kenapa kita yang berada di Indoensia ini sering mengalami gempa ???? .......

Berikut kita akan ulas secara tuntas tentang penyebab terjadinya gempa di Indonesia.

A. Pengertian Gempa Bumi
           Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat dari pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnyalapisan batuan (litosfer) pada kerak bumi. Jadi hasil pergerakan lempengan-lempengan tektonik ini, menyebabkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi menghasilkan energi yang sangat besar, sehingga akumulasi dari energi ini akan dipancarkan ke segala arah berupa gelombang gempa bumi dan efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi.
Pergeseran Lempengan Tektonik














B. Jalur Lempengan Tektonik di Indonesia
           Indonesia merupakan negara yang sangat istimewa, karena berada diantara dua buah benua dan dua buah samudera, sehingga negara Indonesia ini dipandang sebagai daerah yang sangat strategis di dunia. Sebagai negara kepulauan, tentunya indonesia juga banyak menyimpan sumber daya alam yang melimpah. 
             Selain memiliki keistimewaan di atas, yang perlu kita ketahui juga bahwa, wilayah Indonesia ini ternyata juga di lalui oleh jalur lempengan tektonik dunia. Berikut merupakan jalur lempengan tektonik dunia.

Jalur Lempengan Tektonik Dunia (balai3.denpasar.bmkg.go.id/)
            Jika kita perhatikan dengan seksama, ternyata wilayah Indonesia merupakan jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.  Karena di lalui oleh tiga lempengan tersebut menyebabkan wilayah Indonesia menjadi rawan terhadap gempa. Untuk jalur lempeng di wilayah Indonesia, dapatdi perhatikan pada gambar di bawah ini.

Jalur Lempengan Tektonik di Wilayah Indonesia
  Jadi sekarang, kita tahu kenapa wilayah Indonesia ini sangat sering terjadi gempa. Dan kalian perlu tahu sebuah fakta, bahwa ternyata ada salah satu pulau besar di Indonesia yang sama sekali tidak pernah mengalami gempa. Tahukah kalian ? perhatikan pulau besar paling utara di peta Indonesia! ya, Pulau Kalimantan, merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang tidak pernah mengalami gempa. Kenapa? karena pulau Kalimantan tidak termasuk wilayah Indonesia yang di lalui 3 lempeng tektonik.

Semoga artikel ini bermanfaat, tunggu artikel menginspirasi lainnya!
(diolah dari berbagai sumber)

19 komentar :

  1. Bermanfaat min,, buat tugas skolah.. kutbal ya.. www.blogsolu.com

    ReplyDelete
  2. Terimakasih mas , jadi tau kenapa di indonesia sering gempa ternyata indonesia ini jalur lempengan eurasia pasifik dan indo australia.

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat sekarang saya menjadi tau

    ReplyDelete
  4. Ohh jadi gitu ya , thanks infonya gan

    ReplyDelete
  5. Pantesan rawan gempa, bermanfaat artikelnya

    ReplyDelete
  6. bermanfaat,, thanks infonya gan

    ReplyDelete
  7. Masih binggung nanggepinya, tapi bermanfaat sekali infonya .....

    ReplyDelete
  8. Memang gan, indonesia dihimpit 3 lempeng bumi sekaligus

    ReplyDelete
  9. belajar geografi lagi nih, tapi bermanaat sampai kapanp[un sih kalo tentang gempa mah.

    oh iya gan, maaf ya, kalo diolah dari bbr sumber, sumbernya dicantumin aja mas, itu akan lebih adil untuk mereka hehehe semangat ngeblognya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. teraima kasih banyak atas masukannya agan NALDIANO,,benar sekali gan,nanti pasti disertakan

      Delete
  10. wahh baru tau ane gan.
    terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  11. Wahh jadi ini penyebabnya tohh, thank infonya gan

    ReplyDelete
  12. berserah diri dan terus beribadah, sesungguhnya bencana,kematian hanya allah lah yang menentukan

    ReplyDelete
  13. thx for sharing information

    ReplyDelete
  14. Makasih bos infony sngt berguna

    ReplyDelete
  15. Bermanfaat buat gue...
    Alif prihantoro...
    Thx

    ReplyDelete
  16. Saya suka belajar geografi, btw nice sharing

    ReplyDelete

Back To Top