Breaking News
Loading...
Monday 7 March 2016

Fenomena Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

|| Fenomena Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 Bisa Diamati langsung di Indonesia ||

Gerhana Matahari Total
Fenomena alam yang bisa diamati 300 tahun sekali akan melewati negara Indonesia. Fenomena seperti ini baru bisa dinikmati wilayah indonesia setelah abad ke 21. Gerhana Matahari Total akan melintas di 11 provinsi di Indonesia pada 9 Maret 2016 dan Indonesia bisa lagi dinikmati pada tanggal 20 April 2023. Indonesia merupakan negara satu-satunya yang dapat menikmati Gerhana Matahari Total. Bahkan warga negara asing (WNA) tertarik untuk bisa melihat fenomena ini secara langsung.
Tahukah anda, apa sebenarnya gerhana matahari tersebut????
          Gerhana matahari merupakan peristiwa di mana posisi Bulan, Matahari dan Bumi sejajar dan berada pada garis lurus. Saat itu Bulan akan melintas diantara Matahari dan Bumi, untuk beberapa waktu cahaya Matahari ke Bumi akan terhalang bayangan Bulan. Ketika fase total itu terjadi bulan menutupi Matahari, akan tampak corona Matahari akan tampak seperti menjulur dari pinggir bagian yang ditutupi Bulan. 
Berikut gambar proses terjadinya gerhana matahari total:
Proses Terjadinya Gerhana Matahari
        Gerhana matahari Total akan melintasi 11 provinsi di Indonesia yaitu Bengkulu, Palembang, Jambi, Bangka Belitung, Palangkaraya, Sampit ( Kalimantan Tengah), Balikpapan ( Kalimantan Timur), Kalimantan Barat, Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Sulawesi Barat dan Ternate dan Halmahera (Maluku Utara). Berikut gambar lintasan gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 nanti.

Jalur Lintasan Gerhana Matahari Total
Kapan kita bisa mengamati terjadinya gerhana matahari total tersebut? ???
         Indonesia di 11 provinsi berpeluang melihat matahari yang gelap gulita yang terjadinya pada pagi hari. Warga di wilayah Indonesia bagian  barat bisa menyaksikan fenomena tersebut pada pukul 07.30 WIB, sementara wargadi wilayah tengah Indoensia pada pukul 08.35 Wita, dan warga di wilayah Indonesai timur pukul 09.50 WIT.

Provinsi Indonesia yang menjadi Lintasan Gerhana Matahari Total
Bagaimana cara kita mengamati fenomena gerhana matahari total????
       Jika anda ingin mengamati terjadinya gerhana matahari total, maka gunakan Kacamata hitam atau rol film untuk foto, dan juga bekas foto rontgen bisa digunakan tetapi belum tentu aman untuk digunakan melihat gerhana matahari karena tidak dilengkapi dengan pelindung dari sinar ultraviolet (UV).
Mengamati Gerhana Matahari
Selamat menikmati fenomena gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 nanti (H-2 dari artikel ini dibuat), semoga artikel ini bermanfaat!



0 komentar :

Post a Comment

Back To Top