ANGKET MOTIVASI BELAJAR SISWA
|  | 
| ANGKET | 
aksamayasa.blogspot.com - Selamat datang kembali sahabat bloger. Pada kesempatan ini, saya akan berbagi tentang angket untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa. Seperti yang kita tahu, bahwa angket merupakan pertanyaan atau pernyataan yang dikirim kepada responden, baik dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Angket berfungsi untuk mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai suatu masalah. Berikut ini, saya berikan contoh  Angket Motivasi Belajar untuk mata pelajaran Fisika. 
 ANGKET
MOTIVASI BELAJAR
ANGKET
MOTIVASI BELAJAR
Mata Pelajaran            : Fisika                                                 
Kelas/ Semester            : ......................
Hari/tanggal                 : ………………
| 
Petunjuk: 
1.     
  Pada kuesioner ini terdapat
  30 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan yang berkaitan
  dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan tentukan
  kebenarannya. Berilah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihanmu. 
2.     
  Pertimbangkan setiap
  pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawablah setiap
  pernyataan tersebut dengan jujur, karena hal ini tidak ada hubungannnya
  dengan nilai pelajaran. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap
  pernyataan lain. 
3.     
  Berilah tanda lingkaran pada
  kriteria yang kamu pilih. Terima kasih. | 
| 
Keterangan Pilihan Jawaban: 
1.      Jika anda melingkari angka 1 pada jawaban
  anda, maka anda sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut. 
2.      Jika anda melingkari angka 2 pada jawaban
  anda, maka anda tidak setuju dengan pernyataan tersebut. 
3.      Jika anda melingkari angka 3 pada jawaban
  anda, maka anda ragu-ragu dengan pernyataan tersebut. 
4.      Jika anda melingkari angka 4 pada jawaban
  anda, maka anda setuju dengan pernyataan tersebut. 
5.      Jika anda melingkari angka 5 pada jawaban
  anda, maka anda sangat setuju dengan pernyataan tersebut. | 
| 
PERNYATAAN | 
Pilihan Jawaban | |
| 
1. | 
Selama ini saya merasakan pembelajaran Fisika yang
  dilakukan membuat saya percaya bahwa pembelajaran ini mudah bagi saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
2. | 
Di awal pembelajaran, ada sesuatu yang menarik bagi saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
3. | 
Materi yang telah dibelajarkan selama ini lebih sulit dipahami
  daripada yang saya harapkan. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
4. | 
Pembelajaran Fisika selama ini tidak menarik, karena pengajarnya
  tidak menarik. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
5. | 
Saya merasa puas terhadap hasil yang telah saya capai. | 
1    2   
  3    4   
  5 | 
| 
6. | 
Jelas bagi saya bagaimana hubungan materi pembelajaran ini dengan
  apa yang telah saya ketahui. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
7. | 
Terdapat cerita, gambar atau contoh yang menunjukkan kepada saya
  bagaimana manfaat materi pembelajaran ini. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
8. | 
Saya selalu berusaha mengerjakan tugas-tugas dengan baik. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
9. | 
Saya senang beradu pendapat dengan teman lain pada saat proses
  diskusi di kelas. | 
1    2   
  3   4    5 | 
| 
10. | 
Pembelajaran Fisika selama ini sangat abstrak sehingga sulit bagi
  saya untuk tetap mempertahankan perhatian saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
11. | 
Pembelajaran Fisika selama ini membuat saya ingin mencoba menjawab
  soal-soal | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
12. | 
Saya sangat senang pada pembelajaran ini sehingga saya ingin
  mengetahui lebih lanjut pokok bahasan ini. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
13. | 
Nilai yang saya dapatkan membuat saya berusaha belajar lebih rajin
  lagi. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
14. | 
Saya senang berkompetisi dengan teman yang lain untuk mendapatkan
  nilai yang baik. | 
1    2   
  3   4    5 | 
| 
15. | 
Persaingan antar kelompok untuk mendapatkan nilai terbaik membuat
  saya lebih tertantang untuk belajar. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
16. | 
Dalam pembelajaran Fisika selama ini, terdapat penjelasan dan
  contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang membuat saya terkesan pada
  pelajaran  Fiska | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
17. | 
Saya selalu menganggap materi yang disampaikan adalah hal yang
  penting. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
18. | 
Pada pembelajaran ini ada hal-hal yang merangsang rasa ingin tahu
  saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
19. | 
Penjelasan pada pembelajaran ini kadang-kadang membosankan saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
20. | 
Isi dan gaya tulis pada pembelajaran ini memberi kesan bahwa
  isinya bermanfaat untuk diketahui. | 
1    2   
  3   4    5 | 
| 
21. | 
Setelah mempelajari materi  Fisika dalam
  pembelajaran ini selama ini, saya percaya bahwa saya akan berhasil dalam tes. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
22. | 
Materi  Fisika yang
  dibelajarkan selama ini tidak relevan dengan kebutuhan saya sebab sebagian
  besar isinya tidak saya ketahui. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
23. | 
Kalimat umpan balik setelah latihan, atau komentar-komentar lain
  pada pembelajaran ini, membuat saya merasa mendapat penghargaan terhadap
  upaya saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
24. | 
Keanekaragaman pada bacaan, tugas, ilustrasi dan lain-lainnya
  memukau perhatian saya pada pembelajaran ini. | 
1    2   
  3   4    5 | 
| 
25. | 
Saya yakin bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
26. | 
Saya dapat menghubungkan isi pembelajaran ini dengan hal-hal yang
  telah saya lihat, saya alami, saya lakukan, atau saya pikirkan di dalam
  kehidupan sehari-hari. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
27. | 
Saya merasa tidak yakin akan kemampuan diri sendiri. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
28. | 
Saya merasa bahagia dapat menyelesaikan soal dengan berhasil dalam
  pembelajaran Fisika selama ini. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
29. | 
Isi pembelajaran ini akan bermanfaat bagi saya. | 
1    2   
  3    4    5 | 
| 
30. | 
Saya tidak senang dengan pembelajaran ini, karena LKS yang
  disediakan tidak menarik. | 
1    2   
  3    4    5 | 

Kritik dan Saran
Tuliskan kritik dan saran anda tentang pelaksanaan pembelajaran Fisika
Kritik:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Saran:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Kriteria penilaian : 
| 
Skor Pernyataan Positif | 
| 
STS (Sangat
  Tidak Setuju)  Skor        : 1 
TS ( Tidak
  Setuju)  Skor                     : 2 
KS (Kurang
  Setuju)  Skor                   : 3 
S (Setuju)  Skor                                   :
  4 
SS (Sangat
  Setuju)  Skor                    : 5 | 
| 
Skor Pernyataan Negatif | 
| 
STS (Sangat
  Tidak Setuju)  Skor        : 5 
TS ( Tidak
  Setuju)  Skor                     : 4 
KS (Kurang
  Setuju)  Skor                   : 3 
S (Setuju)  Skor                                   :
  2 
SS (Sangat
  Setuju)  Skor                    : 1 | 
***
Selamat Mengerjakan ***
cara analisisnya bagaimana kak?
ReplyDelete