Breaking News
Loading...
Saturday 16 January 2016

Gerak Matahari

Gambar Matahari

Walaupun kecepatan ruang bintang itu diacu terhadap matahari namun matahari itu sendiri adalah juga sebuah bintang dan juga bergerak di antara bintang-bintang tersebut. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana gerak matahari itu sendiri agar dapat mengoreksi kecepatan ruang bintang akibat gerak matahari ini.
William Herscheel adalah astronom yang pertama kali mengamati gerak matahari berdasarkan gerak sejati bintang.  Berdasarkan analisisnya terhadap gerak sejati bintang ini, pada tahun 1783 dia menyimpulkan bahwa matahari kita bergerak ke arah rasi Hercules. Analisis modern terhadap gerak sejati dan kecepatan tangensial bintang-bintang di sekitar matahari menunjukkan bahwa matahari kita ini bergerak menuju ke arah yang sekarang ditempati oleh bintang Vega di rasi Lyra dengan kecepatan sekitar 20 km/s. Arah di langit ke mana matahari bergerak menujunya dinamakan apex dari gerak matahari, dan arah yang berlawanan dengan ini disebut antapex.
Matahari mempunyai dua macam gerakan yaitu sebagai berikut:
v  Rotasi mengelilingi sumbunya, lamanya 25 1/2 hari satu kali putaran. Gerakan rotasi dapat dibuktikan dengan terlihat noda-noda hitam di bagian inti yang kadang-kadang berada di sebelah kanan dan kira-kira 2 minggu berada di sebelah kiri.
v  Bergerak di antara gugusan-gugusan bintang. Selain berotasi, matahari bergerak diantara gugusan bintang dengan kecepatan 20 km per detik, pergerakan itu mengelilingi pusat galaksi.

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top