Breaking News
Loading...
Monday 18 January 2016

Kecerdasan Emosional

Seperti yang kita tahu manusia memiliki beberapa kecerdasan, yaitu Intelegency Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Spiritual Quoetient (SQ) dan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Pada kesempatan ini, saya akan bahas tentang EQ. Apakah EQ itu????
Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak. Biasanya emosi merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu. Kata emosi berasal dari bahasa latin yaitu emovere, yang berarti bergerak menjauh. Arti kata ini mengisyaratkan bahwa kecenderungan bertindak merupakan hal mutlak dalam emosi. Sebagai contoh emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa, emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis. Fazura & Ghazali menyatakan bahwa emosi berkualitas dan perasaan positif membantu siswa untuk mencapai dan memberikan potensi terbaik mereka di kelas.
Istilah kecerdasan emosional pertama kali diajukan pada tahun 1990 oleh psikolog Peter Salovey dari Harvard University dan John Mayer dari University of  New Hampshire untuk menerangkan kualitas-kualitas emosional yang tampaknya penting bagi keberhasilan.
Salovey dan Mayer mendefinisikan kecerdasan emosional atau yang sering disebut EQ sebagai himpunan bagian dari kecerdasan sosial yang melibatkan kemampuan memantau perasaan sosial orang lain, memilah-milah semuanya dan menggunakan informasi ini untuk membimbing pikiran dan tindakan.
Goleman  juga mendefinisikan kecerdasan emosional sebagai kemampuan untuk mengidentifikasi, mengendalikan emosi seseorang, gunakan perasaan untuk menghasilkan motivasi diri, berempati dengan orang lain, dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Jadi, dapat dinyatakan bahwa kecerdasan emosional merupakan kecerdasan sosial untuk mengidentifikasi dan mengendalikan emosi, agar dapat menciptakan motivasi dalam diri untuk membina hubungan yang baik dengan orang lain serta dapat mengatasi permasalahan yang ada.
Salovey menempatkan kecerdasan pribadi Gardner dalam definisi dasar tentang kecerdasan emosional yang dicetuskannya dan memperluas kemampuan tersebut menjadi lima kemampuan utama, yaitu :
1.      Mengenali emosi diri
            Mengenali emosi diri sendiri merupakan suatu kemampuan untuk mengenali perasaan sewaktu perasaan itu terjadi. Kesadaran diri adalah waspada terhadap suasana hati maupun pikiran tentang suasana hati, bila kurang waspada maka individu menjadi mudah larut dalam aliran emosi dan dikuasai oleh emosi (Myers).
2.      Mengelola emosi
            Mengelola emosi merupakan kemampuan individu dalam menangani perasaan agar dapat terungkap dengan tepat atau selaras, sehingga tercapai keseimbangan dalam diri individu. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk menghibur diri sendiri, melepaskan kecemasan, kemurungan atau ketersinggungan, dan akibat-akibat yang timbul dari gagalnya keterampilan dasar ini.
 3.      Memotivasi diri sendiri
            Untuk mencapai tujuan harus memiliki motivasi dalam diri individu, yang berarti memiliki ketekunan untuk menahan diri terhadap kepuasan dan mengendalikan dorongan hati, serta mempunyai perasaan motivasi yang positif, yaitu antusianisme, gairah, optimis, dan keyakinan diri.
4.      Mengenali emosi orang lain
            Kemampuan untuk mengenali emosi orang lain disebut juga empati. Orang yang empatik lebih mampu menangkap sinyal-sinyal sosial yang tersembunyi yang mengisyaratkan apa yang dibutuhkan atau dikehendaki orang lain.
5.      Seni membina hubungan
            Kemampuan dalam membina hubungan merupakan suatu keterampilan yang menunjang popularitas, kepemimpinan, dan keberhasilan antar pribadi. Orang-orang yang hebat dalam keterampilan membina hubungan ini akan sukses dalam bidang apapun.



1 komentar :

  1. Perkenalkan, saya dari POKERAYAM. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk memiliki Harta, Mobil Mewah, Rumah Mewah atau Istri Muda ?
    Jika anda ingin yang kami maksud seperti diatas, anda dapat mengunjungi kami di www(titik)pokerayam(titik)com banyak kisah sukses bersama kami
    Hanya Modal 10 ribu anda bisa mendapatkan Kekayaan dalam hitungan detik, Bukan Sulap Bukan Sihir ini memang nyata !!!
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete

Back To Top