Breaking News
Loading...
Monday 18 January 2016

Hasil Belajar Siswa

                Keberhasilan proses belajar mengajar di kelas dapat kita ketahui dari hasil belajar siswa. Apa itu hasil belajar siswa ??? apa saja aspek-aspek dalam hasil belajar siswa??? Berikut penulis ulas tentang hasil belajar siswa. 
               
A. pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh individu setelah proses belajar berlangsung yang dapat memeberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
            Berdasarkan hasil belajar siswa dapat diketahui kemampuan dan perkembangan sekaligus tingkat keberhasilan pendidikan dalam sekolah. Hasil belajar harus menunjukkan peubahan perubahan keadaan menjadi lebih baik sehingga dapat bermanfaat untuk:
1.      Menambah pengetahuan, lebih memahami sesuatu yang belum dipahami sebelumnya.
2.      Lebih mengembangkan keterampilan.
3.      Memiliki pandangan yang baru atas sesuatu hal, lebih menghargai sesuatu dari pada sebelumnya.
B. Ranah Hasil Belajar Siswa
          Nana Sudjana  menyatakan bahwa hasil belajar siwa pada hakikatnya adalah perubahan tingkalaku. Tingkah laku sebagai hasil belajlar dalam pengertian yang luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor. Menurut Nana sudjana bahwa perubahan tingkahlaku sebagai hasil belajar sebagai hasil belajar meliputi tiga ranah yaitu kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik
            Ranah kognitif adalah kawasan yang berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.
Aspek-aspek dalam ranah kognitif  adalah sebagai berikut:
1.      Pengetahuan (knowledge)(C1)
            Pengetahuan mencakup kemampuan mengenali, mengetahui dan mengingat hal-hal yang telah dipelajari dan tersimpan dalam ingatan. Pengetahuan berkenaan dengan fakta atau istila-istilah, peristiwa, pengert an, kaidah, teori dan metode
2.      Pemahaman atau comprehension (C2)
            Pemahaman mencakup kemampuan untuk menyerap pengertian dari hal-hal yanag telah dipelajari. Pada jenjang ini siswa dituntut untuk mengertia dan memahami konsep yang dipelajari.
            Kemampuan memahaami terdiri dari 3 tingkatan yaitu sebagai berikut:
a.       Menerjemahkan adalah kemampuan mengubah konsepsi abstrak menjadi suatu metode simbolik untuk mempermudah orang memahaminya.
b.      menginterpretasikan adalah kemampuan mengenal dan memahami ide utama suatu komunikasi, sperti gambar, diagram, tabel dan grafik.
c.       Meneksplorasi adalah kemampuan menafsirkan, menarik kesimpulan berdasarkan hasil terjemahan dan interprestasi.
3.      Penerapan atau aplicatioan (C3)
            Penerapan merupakan kemampuan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajaran untuk menghadapi situasi baru yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Analisis atau  Analysis (C4)
            Analisis merupakan upaya memiashkan suatu kesatuan menjadi unsur-unsur atau bagian, sehingga jelas hirarki unsure-unsurnya, menganalisis berkenaan dengan unsure-unsur, analisis hubungan dan analisis prinsip yang terorganisasi.
5.      Sintesis atau Syntesis (C5)
            Sintesis adalah kemampuan menyatuhkan unsur-unsur menjadi satu kesatuan yang menyeluruh. Sintesis selalu menyatuhakn unsure baru yaitu menyatukan unsur-unsur dan hasil, sehingga analisis tidak dapat disebut sintesis
6.      Evaluasi atau evaluation (C6)
            Evaluasi merupakan kemampuan memberi keputusan tentang skor sesuatu yang ditetapkan dengan sudut pandang tertentu, misalnya sudut pandang tujuan, metode dan materi

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top